Liputanjambi.com  TANJAB BARAT – Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Ir. H. Agus Sanusi.M.Si mewakili Bupati Tanjung Jabung Barat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Penyampaian Pidato Gubernur Jambi setelah pelantikan. Di kantor DPRD Provinsi Jambi. Jum’at (09/07/2021)

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto dan dihadiri oleh para Wakil Ketua dan para anggota DPRD Provinsi Jambi, unsur Forkopimda Provinsi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Ketua Pengadilan Agama Jambi, Para Rektor Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi, Para Bupati / Walikota se-Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Kepala BPK RI, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Jambi, Para Pimpinan Instansi Vertikal di Provinsi Jambi, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah Provinsi Jambi, Unsur masyarakat, Insan Pers, Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di Provinsi Jambi.

Turut hadir juga Anggota DPR-RI Dapil Jambi, Dr. Ir. H.A.R. Sutan Adil Hendra.MM. Drs. H. Hasan Basri Agus. MM. Dan H. A. Bakri H.M

Mengawali Rapat, Ketua DPRD Provinsi Jambi mengingatkan dan mengajak semua yang hadir untuk menerapkan Protokol Kesehatan demi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di manapun berada. Lebih-lebih lagi saat ini Kota Jambi masuk dalam perpanjangan PPKM berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di peningkatan Desa dan Kelurahan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Ketua DPRD Provinsi Jambi juga mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H dan Drs. H. Abdullah Sani.,M.Pd.I sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021 – 2024.

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi, Al Haris menyampaikan Visi Misi Jambi MANTAP yakni Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di bawah Ridho Allah SWT dan Al Haris mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi yang telah memberikan amana ini, kami mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk membangun “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”secara bersama – sama tanpa terkotak – kotak.

Gubernur Jambi mengucapkan juga terima kasih yang tulus kepada para pemimpin Jambi tedahulu, khususnya Ibu Dr. Hari Nur Cahya Murni yang dalam waktu singkat telah banyak berbuat dan mengabdi, untuk membangun Jambi yang lebih baik, bak seloko adat mengatokan “lah merembah jalan nan dilalui, lah menjahit baju nan dipakai” kami akan meneruskan hal-hal baik yang telah dimulai sebelumnya dengan beberapa inovasi tentunya, semoga Jambi Mantap dapat terwujud di Provinsi Jambi.

Dalam mewujudkan pembangunan Jambi, Al Haris menyampaikan 3 Misi Jambi Mantap, yakni memantapkan tata kelola Pemerintah, Memantapkan Perekonomian masyarakat dan daerah serta memantapkan kualitas SDM.

Memantapkan tata kelola pemerintahan tentu tidak terlepas dari Reformasi Birokrasi, yang akan diupayakan dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta pengelolaan keuangan daerah, yang diiringi dengan peningkatan pelayanan publik

Misi kedua, Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, ditujukan untuk memulihkan perekonomian daerah yang sedang mengalami penurunan tajam akibat Covid-19

Pada Misi ketiga, memantapkan kualitas SDM, program-program pembangunan akan disasar pada upaya-upaya peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, pengetahuan seni budaya, toleransi intra dan antar agama serta tidak ketinggalan mendukung persamaan gender dengan meningkatkan kapabilitas dan partisipasi perempuan, dan anak muda milenial dari generasi D (digital) dan generasi Z di berbagai bidang kehidupan.

Gubernur Jambi juga menyampaikan program prioritas yang merupakan program jangka pendek maupun jangka menengah. Program jangka pendek harus dilaksanakan segera karena merupakan upaya dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang belum juga usai bahkan cenderung terus meluas saat ini.

Program prioritas selanjutnya adalah pemulihan dan peningkatan perekonomian daerah yang salah satunya akan didorong melalui program unggulan kami yang diberi tagline “DUMISAKE”.

Prioritas ketiga, untuk jangka menengah dan panjang, kami merencanakan sebuah kawasan ekonomi baru “SENTUSA” atau Sengeti – Tungkal – Sabak.

Prioritas keempat adalah percepatan pembangunan infrastruktur transportasi guna meningkatkan konektivitas dan logistik daerah.

Prioritas kelima adalah meningkatkan kualitas dan ketersediaan jaringan irigasi, air bersih dan bendungan.

Prioritas ke-6 adalah pembangunan infrastruktur listrik melalui penggunaan energi terbarukan, sehingga berkontribusi terhadap bauran energi daerah dan tentu saja ramah lingkungan.

Prioritas ke-7 adalah pemantapan kelembagaan dan percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan, pendidikan, agama dan sosial budaya.

prioritas ke-8 adalah peningkatan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup serta mitigasi perubahan iklim.

prioritas ke-9 adalah peningkatan dan pengembangan sektor pertanian, ketahanan pangan, kelautan dan perikanan.

Prioritas ke-10 adalah peningkatan tata pemerintahan yang baik.

prioritas ke-11 adalah peningkatan perlindungan sosial dan kepastian hukum.

Prioritas ke-12 adalah peningkatan kesetaraan gender.(MH)