Mantan penyerang Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko, mendapat tawaran untuk menjadi pelatih timnas.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Federasi Sepakbola Ukraina, Anatoly Konkov, kepada kantor berita Rusia ITAR-TASS pada Senin 12 November.

Shevchenko pernah bergabung dengan beberapa klub utama dunia, seperti AC Milan, Chelsea, dan Dynamo Kiev.

“Shevchenko punya pengalaman bermain di lub-klub besar seperti Dynamo Kiev, AC Milan, dan Chelsea di bawah kepemimpinan pelatih legendaris Valery Lobanovsky, Carlo Ancelotti, dan Jose Mourinho,” tutur Konkov.

“Dia memiliki kesempatan unik untuk menerapkan metode, pengetahuan, dan bakat mereka,” tambahnya.

Konkov merupakan manajer yang dulu memanggil Shevchenko masuk ke dalam Timnas Ukraina di bawah 21 tahun sebelum masuk ke tim senior. Shevcenko mundur dari Timnas Ukraina setelah turun di Piala Eropa 2012.

Walau Shevchenko -yang berusia 36 tahun- tergolong muda sebagai pelatih timnas, Konkovjustru melihatnya sebagai faktor yang positif.

“Ingat saja bahwa seorang pelatih muda yang tidak dikenal, Joseph Guardiola, telah mencapai sejumlah hasil hanya dalam beberapa tahun,” tuturnya.

Di bawah Guardiola -yang kini berusia 41 tahun- Barcelona berhasil merebut sejumlah piala di Liga Champions maupun Liga Spanyol.

Namun belum ada pernyataan dari Shevchenko dalam menanggapi tawaran ini.

Dia merupakan salah seorang tokoh yang populer di kalangan warga Ukraina dan pernah mengungkapkan akan mempertimbangkan untuk terjun ke dunia politik.

Posisi pelatih Timnas Ukraina kosong setelah Oleg Blokhin memutuskan untuk bergabung dengan Dynamo Kiev.(bbc )