Muarasabak-Liputanjambi.com,30/08/2022.
Kesbangpol Tanjab Timur mensosialisasikan kepada pelajaran terkait pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan, Melalui Pembumian  Nilai Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan tersebut, diharapkan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, serta pemahaman Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dengan mengambil tema ” Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Tanamkan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari ”

Kegiatan Sosialisasi ini di buka oleh Bupati Tanjab Timur yang di wakili kepala Badan kesbangpol Sularto.S.Kom. didampingi sekban kesbangpol Efendy, hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae, Penyuluhan Narkotik Ahli Muda BNNK Tanjab Timur Sakti Wijaya, Kabid PTK dinas Pendidikan Tanjab Timur Refly Hasan.

Dalam sesi Wawasan Kebangsaan Narasumber Dinas Pendidikan, dalam memberikan materi kabid PTK Refly Hasan, membahas terkait pengenalan lambang negara, budaya dan sejarah Indonesia, serta penjelasan mengenai
faham-faham terlarang seperti radikalisme, komunisme dan bahayanya.

Refly Hasan menjelaskan mengapa perlunya penanaman nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sejak dini yang pertama upaya pembiasaan agar mereka terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, kemudian
menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme, agar anak memiliki karakter-karakter baik seperti toleransi, tenggang rasa, peduli, mampu bekerja sama, berprestasi, tertib, disiplin dan mau melestarikan budaya, serta merawat dan mencintai lingkungan.jelasnya.

Selanjutnya dari BNNK Tanjab Timur Bidang Penyuluh Narkoa Ahli Muda Sakti Wijaya, menjelaskan tentang Definisi Narkoba, Jenis dan Dampaknya, Sanksi Hukum, Rehabilitasi dan Peran Pelajar dalam pencegahan narkoba.

Sakti Wijaya juga mengajak seluruh peserta untuk waspada dan berperan aktif dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba.Pelajar diberikan tips agar terus terhindar dari penyalahgunaan narkoba.ucapnya.

tempat yang sama, Kasdim  0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae menyampaikan bahwa pemuda merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan Negara. Karena dari pemuda-lah lahir calon pemimpin di masa yang akan datang. 

“Jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan atau mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan sejahtera,” katanya. 

Kasdim menegaskan pentingnya generasi muda untuk memegang teguh nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, guna mewujudkan suatu kekuatan persatuan dan kesatuan bangsa yakni Bhineka Tunggal Ika. dan menjauhi pola perilaku hidup yang tidak sehat, serta ingat bahaya narkoba bagi generasi muda bangsa Indonesia agar nantinya menjadi generasi yang mampu melanjutkan pembangunan bangsa serta mempertahankan kedaulatan NKRI,” pesannya.(9int).