sukamiskin-det-201212261442591Kemenkumham akan menjadikan Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung menjadi penjara khusus koruptor. Proses perpindahan narapidana akan berlangsung secara bertahap.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkum HAM) Denny Indrayana dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun di Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Rabu (26/12).

Menurut Denny, kebijakan itu diambil untuk membantu fasilitas tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan saat ini narapidana dalam proses pemindahan. “Saat ini di LP Sukamiskin sudah ada Gayus Tambunan dan 13 narapidana kasus korupsi lain, termasuk mantan Gubernur Bengkulu Agusrin,” ujar Denny.

Denny mengungkapkan, dipilihnya Lapas Sukamiskin karena sistem pengawasan akan lebih mudah. “Karena satu sel satu orang sehingga lebih memudahkan pengawasan. Kalau dikhawatirkan nanti disana bebas, tidak (seperti itu),” tegasnya.

Saat ini Ditjen Pemasyarakatan tengah menyiapkan struktur dan kepegawaian di Lapas Sukamiskin. Sementara narapidana korupsi yang hukumannya sudah berkekuatan hukum tetap mulai dipindahkan ke Sukamiskin. {PESAT NEWS)