liputanjambi.com Jambi – Kamis, 18 Maret 2021 pukul 14.00 Wib, Satgas Ops Aman Nusa II tahun 2021 yang bergabung sebagai Katim relawan melaksanakan pemulasaran dan pemakaman jenazah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi.

Diketahui pasien berasal dari Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi dengan diagnosa penyakit Pneumonia Hipertensi dengan hasil pemeriksaan Covid-19 TCM terkonfirmasi positif Covid-19.

Jenazah dimakamkan di makam khusus Covid-19 yakni di Pusara Agung Jalan Lingkar Barat I Kelurahan Mayang Mangurai Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Berdasarkan keterangan dari Dr. Ikalius, Sp.P RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi menjelaskan bahwa pasien SI (62) berjenis kelamin Laki-laki, agama Islam, bekerja sebagai Pedagang.

Diketahui Pasien masuk RSUD Raden Mattaher pada tanggal 13 maret 2021 dengan Anamnesis sesak nafas dan hipertensi. Pasien mendapatkan penanganan kesehatan dan pemeriksaan Swab dengan metode TCM di Laboratorium RSUD Raden Mattaher Prov Jambi untuk mendeteksi Covid-19.

“15 Maret 2021 pemeriksaan Swab dengan metode TCM di Laboratorium RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi terhadap pasien SI telah keluar dengan hasil Positif Covid-19. Pasien yang terkonfirmasi covid-19 langsung dirawat di Ruang Isolasi Covid-19,” jelasnya.

“Pada tanggal 17 Maret 2021 sekira pukul 21.00 Wib telah terjadi penurunan kondisi terhadap pasien dengan kondisi semakin memburuk, sesak nafas hebat hingga pasien dinyatakan meninggal dunia oleh DPJP pada pukul 21.35 WIB di ruang ICU Covid-19 RSUD Raden Mattaher dengan status meninggal pasien Covid-19,” sambungnya.

Berdasarkan koordinasi, sosialisasi dan edukasi pihak RSUD Raden Mattaher dengan pihak keluarga dianjurkan Jenazah dimakamkan secara SOP/ Protokol Kesehatan Covid-19. Dengan kesepakatan yang telah di lakukan, pihak keluarga menerima dan sepakat pengurusan Jenazah diurus sesuai SOP/Protokol Kesehatan Covid-19.

Kamis, 18 Maret 2021 pukul 15.00 WIB, pemulasaran Jenazah diserahkan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi untuk diurus dan dimakamkan secara Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19 oleh Tim Relawan pemulasaran dan pemakaman Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi beserta 9 orang anggota.

Pukul 16.00 WIB prosesi pemakaman Jenazah selesai dengan situasi tertib dan aman. (A. Intang)