Muarasabak-Liputan Jambi.com,Guna mencegah penyebaran Penyakit PMK Pada Ternak, Polres Tanjab Timur bersama dinas DPTHP Provinsi Jambi dan Dinas Bunak Menyemprotkan Disinfektan, satgas Polres Tanjab Timur melakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini dilakukan untuk mencegah PMK (penyakit mulut dan kuku) yang menyerang ternak jenis sapi dan kerbau.

Penyemprotan Desinfektan di laksanakan di kandang Peternakan milik Maryono tepatnya di Rt.10 Desa Kota Baru, kecamatan Geragai. Kabupaten Tanjab Timur.
Penyemprotan Desinfektan ini dalam rangka Operasi Aman Nusa II.

Kegiatan penyemprotan ini langsung dipimpin Kapolres Tanjab Timur AKBP Andi M Ichsan Usman, S.H, S.IK, di dampingi. Kabag Ops Polres Tanjab Timur Kompol Deni Mulyadi, SE, beberapa PJU polres Tanjab Timur, kapolsek Geragai. Kasi Keswan Kesmavet DPTHP Provinsi Jambi, dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemkab Tanjab Timur, dan dari BPBD pemkab Tanjab Timur.

Kegiatan penyemprotan desinfektan terhadap Kandang Hewan Ternak ini merupakan rangkaian kegiatan Operasi Aman Nusa II yang dilakukan oleh satgas Polres Tanjab Timur guna mencegah penyebaran PMK terhadap hewan ternak yang ada di kabupaten Tanjab Timur.

Kapolres AKBP Andi M Ichsan Usman mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini merupakan upaya untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Penyemprotan disinfektan adalah sebagai upaya kita dalam mencegah penularan PMK pada hewan ternak agar bisa di kendalikan dan tidak menular ke hewan lain”,katanya.

AKBP Andi M Ichsan Usman menghimbau, kepada Maryono dan kepada pemilik peternakan yang ada di kabupaten Tanjab Timur untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan hewan ternaknya.ucap kapolres

drh, Meliana Wati Kasi P3H DPTHP Provinsi Jambi menjelaskan. Penyemprotan Desinfektan dan antiseptik merupakan langkah/cara untuk Mensterilkan kandang ternak dari virus PMK, drh Melina Wati juga memberikan petunjuk bagaimana cara penggunaannya, dengan mencampurkan 60 Mg destan dengan 10 liter air untuk luas area 40 – 50 meter persegi kemudian semprotkan menyeluruh ke setiap sudut kandang.jelasnya.

drh Melina Wati menuturkan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah hewan ternak agar tidak terserang PMK. “Ini merupakan upaya pencegahan penularan PMK pada hewan ternak di Kabupaten Tanjab Timur,” ucapnya.(9int).