27Demi mengembangkan bakat dan kreatifitas anak didik dibidang olah raga Kementrian Pendidikan Republik Indonesia sudah membentuk program penyelenggaraan kegiatan O2SN ( Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional ) guna mempersiapkan insan cerdas, sehat, kompetitif, tangguh dan berkualitas untuk kemajuan putraputri Bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional ( O2SN ) yang di selenggarakan ini bukan hanya untuk sekedar mengejar prestasi saja, akan tetapi penyelenggaraan kegiatan ini juga merupakan wadah untuk meningkatan rasa sportifitas yang tinggi, kedisiplinan,  rasa tanggung jawab, dan juga rasa persaudaraan antar sesama.

64Penyelenggaraan kegiatan O2SN tingkat Kecamatan yang dilansungkan diwilayah Kecamatan Batang Asam ini juga bertujuan untuk mencari bibit handal dari pelajar asal Sekolah Kecamatan Batang Asam yang dapat di utus untuk melanjutkan kegiatan uji kompitisi di tingkat yang lebih tinggi dengan membawa nama asal sekolah dari wilayah Kecamatan.

Area Penyelenggaraan Kegiatan 02SN di Wilayah Kecamatan Batang Asam Kab. Tanjung Jabung Barat ini bertempat di SD N 166/ V Kec. Batang Asam Kab. Tanjung  Jabung Barat. Beragam kegiatan yang lakukan oleh peserta Olimpiade tingkat Kecamatan ini, mulai dari pencak silat, pertandingan Bola Volli, Bola Takrauw, Bola 35Kaki, Tenis Meja dan masih Banyak lagi cabang olah raga yang di ikuti oleh peserta Olimpiade.(NYP)